QNET Director Of Legal Affairs On The Legalities of Network Marketing

Legalitas Profesi Network Marketing

Salah satu bagian dari tujuan kita adalah menjadi garda terdepan dalam mempromosikan direct selling (penjualan langsung) sebagai profesi yang berkembang pesat dan sah/legal. Melalui QNETPRO Talks, kami bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana QNet menganjurkan  tanggung jawab dan integritas sebagai dasar yang kuat dan penting dari kesuksesan bisnis pemasaran jaringan atau network marketing.

Setelah sebelumnya, founder kita, Mr. Joseph Bismark memberikan pencerahan tentang model Network Marketing, dalam artikel ini Direktur Urusan Hukum kita (Director of Legal Affairs) Mr. Zaheer Merchant akan membantu kita memahami apakah Network Marketing sah/legal dan bagaimana para distributor dapat membantu sektor indutri ini  mendapat tingkat kepercayaan dan respek yang sudah selayaknya didapatkannya.

commercial photography locations

Apakah Bisnis yang Kita Jalankan Ini Legal?

Jawaban sederhananya, YA! Dengan catatan dalam cakupan apa yang kita kerjakan sesuai dengan hak dan kewajiban kita. Kebijakan dan prosedur yang jelas dan tegas harus ditetapkan, kode etik juga harus dengan ketat ditegakkan, dan yang terpenting adalah Compensation Plan (skema komisi) harus menjadi model bisnis yang membayarkan komisi berdasarkan penjualan produk dan layanan yang sukses kepada konsumen dan bukan hanya serta merta untuk merekrut orang lain.

Jadi kita bisa mengatakan bahwa Network Marketing bukanlah bisnis rekrut-merekrut yang selama ini dikatakan banyak orang tentang direct selling atau network marketing?

Bisnis ini sepenuhnya bukan bisnis rekrutmen. Di sini adalah bisnis di mana seseorang mendapatkan hasil dari penjualan produk atau layanan terutama dengan keahlian komunikasi marketing.

Karena kita adalah bisnis dengan keahlian komunikasi marketing, kata-kata dan ucapan para distributor, benar salahnya menyebar dengan cepat dan dapat berpengaruh pada reputasi perusahaan. Bagaimana kita dapat membuatnya tetap terkendali?

Jawabnya adalah dengan edukasi/pendidikan dan pelaksanaan, dua hal yang sejalan dan saling menyokong satu sama lain.

Dalam edukasi/pendidikan:

Pola perilaku berawal dari atas. Sebagai upline yang bertanggung jawab, saya akan memulai bisnis saya dalam sikap professional dan melakukan segala sesuatu yang diperlukan secara etis untuk menyebarkan pola perilaku yang baik di mana saya bekerja dan untuk dilakukan berulang terus menerus. Sudah jelas bahwa dari atas, perilaku harus benar dan sejalan dengan panduan, dengan kode etik professional, dengan hokum sebagai dasar pijakan. Semuanya ini dijalankan bersamaan. Inilah yang pertama dan terutama.

Dalam pelaksanaan:

Pelaksanaan adalah tanggung jawab perusahaan. Perusahaan wajib memiliki aturan yang efektif, hukum dan regulasi antara perusahaan dan distributor. Ini berarti bahwa bila anda menemukan sesuatu tidak berjalan semestinya, anda menemukan bahwa seseorang menjelaskan tentang perusahaan dengan tidak tepat produk dan skema komisinya, tindakan tegas harus dilakukan. Tindakan nyata harus sebanding dengan apa yang salah, jadi bila seseorang melakukan kesalahan fatal, anda men-terminate/memberhentikan perwakilan tersebut. Edukasi dan pelaksanaan harus sejalan.

Bila kita melihat Direct Selling Associations (Asosiasi Penjualan Langsung) sebagai contoh, mereka memiliki aturan dan regulasi/persyaratan. Misalnya tidak boleh meremehkan perusahaan lain dan produk orang lain, tidak menjelaskan berbagai hal dan peluang penghasilan dengan kurang tepat. Kesemuanya ini wajib diterapkan, dengan demikian tidak akan ada masalah.

Ada pendapat yang berkembang di masyarakat terkait Profesi Network Marketing yang berpengaruh kuat pada bagaimana orang melihat industri ini. Kapankah direct selling mendapat kepercayaan dan respek yang layak?

Seiring dengan dunia yang semakin menciut karena era globalisasi dan melunturnya batasan perdagangan, ini hanya masalah waktu saja sampai akhirnya industri kita akan mendapat perlakuan lebih baik.

Sumber: http://www.qbuzz.qnet.net/blog/2017/03/24/qnetpro-talks-qnet-director-of-legal-affairs-on-the-legalities-of-network-marketing/

Share This Article


Comments (0)

No comments found

Leave a Comment